Membahas Tuntas Gaji Supervisor Pabrik dan Perhitungannya

Gaji Supervisor Pabrik
Gaji Supervisor Pabrik

KARYAWANPABRIK. Dalam perusahaan, khususnya perusahaan manufaktur atau yang sering kita sebut sebagai pabrik, menjadi supervisor atau pengawas menjadi salah satu yang mereka idam-idamkan. Hal tersebut tidak terlepas dari jabatan yang cukup bergengsi serta gaji yang tinggi. Namun, hal tersebut biasanya juga bebarengan dengan tanggung jawab yang besar. Nah, pada kesempatan ini, kami akan memberikan pembahasan lengkap terkait gaji supervisor pabrik.

berapa gaji supervisor di perusahaan swasta? Gaji supervisor perusahaan swasta rata-rata mencapai 5 juta hingga 10 juta rupiah. Besaran gaji ini tentu berbeda-beda untuk setiap daerahnya.

Supervisor merupakan jabatan penting dalam pabrik. Mereka mempunyai tugas utama untuk memimpin dan mengatur performa karyawan pada taraf operasional. Beberapa perusahaan juga memberikan peran yang sama antara supervisor dengan manajer. Selain itu, jabatan supervisor ini juga menjembatani antarai kelompok manajer umum dengan karyawan umum. Itulah mengapa tanggung jawab supervisor ini terbilang berat.

Gaji Supervisor Pabrik

Mungkin Anda penasaran, berapa sih gaji supervisor itu? Gaji supervisor tentu berbeda-beda besarannya setiap daerah. Ada beberapa faktor yang menentukan perbedaan gaji supervisor tersebut. Nah, apa saja sih yang membedakan gaji supervisor, khususnya untuk supervisor pabrik tersebut? Yuk, simak ulasannya sebagai berikut.

Jenis Perusahaan

Faktor pertama yang membedakan gaji supervisor itu adalah jenis perusahaan di mana anda bekerja. Jika berbicara perusahaan manufaktur, maka ada banyak perusahaan dengan bidang masing-masing. Ada pengolahan makanan, ada spare part kendaraan dan masih banyak yang lainya.

Perbedaan jenis perusahaan tersebut juga mempengaruhi besaran gaji yang diterima oleh supervisor. Sebagai contoh perusahaan A memberikan gaji untuk jabatan supervisor Rp 8 juta rupiah per bulan. Sementara itu, perusahaan B hanya mampu memberikan gaji Rp 7 juta per bulan.

Tentus setiap perusahaan mempunyai kebijakan masing-masing terkait dengan gaji supervisor ini. Hal itu karena perusahaan juga menyesuaikan besaran gaji dengan kemampuan finansial perusahaan.

Lokasi Perusahaan

Besaran gaji supervisor juga bisa berbeda-beda berdasarkan pada lokasi perusahaan. Hal ini juga tidak terlepas dari penetapan upah minimum regional (UMR) yang berbeda-beda di setiap daerah. Bagaimanapun kebijakan penggajian supervisor juga mengacu pada kebijakan UMR di tiap-tiap daerah.

Sebagai contoh besaran gaji supervisor pabrik di Karawang, tentu akan berbeda dengan di Boyolali Jawa Tengah. Jabatan Supervisor di pabrik Karawang mungkin akan menerima gaji sebesar Rp 15 juta  per bulan. Sementara itu, gaji supervisor di Boyolali Jawa Tengah hanya berkisar Rp 5 juta per bulan. Gaji supervisor di Boyolali itu bahkan lebih sedikit daripada gaji karyawan tetap di Karawang.

Dengan demikian, beda lokasi perusahaan juga menentukan perbedaan gaji supervisor.

Lama Mengabdi

Selain jenis dan lokasi perusahaan, perbedaan gaji supervisor juga bisa disebabkan karena lama pengabdian di perusahaan. Jabatan supervisor merupakan jabatan yang cukup tinggi dan biasanya  karyawan yang menduduki jabatan itu harus melalui beberapa tingkatan terlebih dulu. misalnya, untuk menjadi supervisor biasanya harus melewati jenjang karyawan senior dulu. dengan kata lain, untuk mendapatkan jabatan supervisor, maka anda membutuhkan waktu yang cukup lama.

Namun ada juga perusahaan yang mengangkat supervisor dari orang yang baru masuk ke perusahaan. Orang tersebut mereka anggap mempunyai kapasitas. Nah, pada kasus ini, gaji supervisor yang sudah lama dengan yang baru, tentu juga akan berbeda. sekalipun perbedaan gajinya tidak terlalu signifikan.

Itulah setidaknya 3 faktor yang mempengaruhi besaran gaji supervisor. Mungkin sama-sama mendapatkan jabatan supervisor, namun orang satu dengan yang lainnya bisa jadi berbeda dalam penerimaan gaji bulanan mereka.

Namun demikian, supervisor itu juga mempunyai standarisasi gaji. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak pembahasan di bawah ini.

Baca juga: Panduan Menghitung Rata-Rata Gaji Buruh Pabrik Mudah Dan Cepat

Standar Gaji Supervisor Pabrik

Meskipun gaji supervisor itu bisa berbeda-beda, gaji supervisor itu ada standarisasinya. Berikut contoh standar gaji supervisor pabrik di beberapa bidang.

Standar Gaji Supervisor di Perusahaan Pemerintah

Ada banyak perusahaan milik pemerintah yang beroperasi di Indonesia. Perusahan pemerintah itu stuktur sumber daya manusia juga layaknya perusahaan swasta, di mana ada jabatan supervisor. Nah, salah satu perusahaan pemerintah yang terbesar adalah Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Jabatan supervisor di PLN itu berada di kisaran Rp 8 juta hingga Rp 12 juta per bulan. Wow lumayan besar bukan? Namun perlu anda ketahui bahwa untuk mendapatkan jabatan supervisor, anda harus mempunyai pengalaman kerja dan dipandang mempunyai kapabilitas.

Jadi, bagi anda yang baru lulus atau freshgraduate, harus membangun karir terlebih dulu. Lalu berapa gaji supervisor di perusahaan swasta? Simak pembahasannya pada poin di bawah ini.

Standar Gaji Supervisor di Supermarket

Setiap supermarket biasanya juga ada supervisor yang membawahi karyawan. Tugas supervisor tersebut untuk memantau karyawannya agar bekerja sesuai dengan aturan perusahaan. Selain itu, dia juga harus memastikan karyawan memberikan pelayanan terbaik kepada konsumennya. Supervisor juga bertanggung jawab terhadap target penjualan dari toko setiap bulannya.

Dia juga harus memberikan laporan bulanan, termasuk laporan pemasukan dan pengeluaran untuk dia berikan kepada manajer supermarket. Dengan tanggung jawab yang besar tersebut, supervisor mendapatkan gaji berada di kisaran Rp 5 juta per bulan. Nomimal gaji tersebut bisa lebih dan bisa kurang tergantung dengan kebijakan dan kondisi keuangan perusahaan.

Standar Gaji Supervisor Perhotelan

Jabatan supervisor juga bisa anda temukan di industri perhotelan. Untuk bisa menjadi supervisor biasanya harus melewati beberapa tahapan dan salah satunya harus magang supervisor. Jika anda sudah lulus, sudah terpenuhi syarat menjadi supervisor.

Tugas supervisor di perhotelan juga tidak kalah besarnya dengan industri yang lainnya. Supervisor harus bisa memberikan jembatan komunikasi yang baik antara atasan dan bawahannya. Selain itu, dia juga menjadi penganggung jawab terhadap komplain atau masukan yang berasal dari pengunjung hotel. Itulah mengapa supervisor hotel ini harus melalui prose magang.

Gaji supervisor di industri perhotelan pun juga beragam dari Rp 3 juta per bulan hingga Rp 15 juta per bulan tergantung hotel di mana anda bekerja. Untuk standar gaji supervisor  bintang 1, maka gajinya kurang lebih Rp 3 juta per bulan. Sementara itu standarisasi gaji supervisor di hotel berbintang 5 biasa mencapai Rp 15 juta per bulan bahkan bisa lebih karena belum termasuk bonus.

Standar Gaji Supervisor Swalayan

Pasar swalayan juga membutuhkan supervisor untuk mempelancar kegiatan jual beli di toko, khususnya dalam memberikan monitoring agar karyawan bisa bekerja sesuai dengan aturan perusahaan. Salah satu swalayan terbesar di Indonesia adalah Matahari.

Untuk gaji supervisor di Matahari mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 7 juta per bulan. Namun karena kondisi pandemi yang berpengaruh pada penjualan, beberapa perusahaan ritel memotong gaji karyawan mereka, termasuk untuk jabatan supervisor.

Menghitung Gaji Supervisor Pabrik

Dasar hukum pengupahan supervisor sebenarnya sama dengan karyawan pada umumnya, mengacu pada Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja No.07 Tahun 1990. Supervisor mempunyai komponen gaji diantaranya:

Gaji Pokok

Gaji pokok adalah imbalan pokok dari perusahaan untuk karyawan mereka berdasarkan kesepakatan.

Tunjangan Tetap

Ini merupakan pembayaran rutin terhadap apa yang sudah karyawan kerjakan untuk dirinya dan keluarganya. Pembayaran tunjangan ini biasanya bersamaan dengan pembayaran gaji pokok.

Tunjangan Tidak Tetap atau bonus perusahaan

Merupakan imbalan tambahan untuk karyawan. Pembayaran tunjangan ini tidak rutin. Perusahaan membayarkan sewaktu-waktu biasanya  tidak bersamaan dengan upah pokok.

Sementara itu, kisaran gaji supervisor pabrik berada di kisaran Rp 3 juta hingga Rp 10 juta per bulan di Indonesia pada tahun 2022. Perkiraan gaji di atas merupakan gaji kotor yang belum dikurangi pajak dan potongan lainnya.

Memang gaji supervisor ada pajaknya? Jika penghasilannya kurang dari Rp 4,5 juta per bulan tidak terkena pajak. Sementara, jika gaji anda lebih dari Rp 4,5 juta per bulan, maka terkena pajak penghasilan.

Bagaimana cara mencari gaji bersih  supervisor per bulan?

Untuk lebih jelasnya, simak contohnya sebagai berikut:

Misalnya, Joko bekerja di perusahaan manufaktur elektronik di Karawang sebagai supervisor. Dia mendapatkan gaji sebesar Rp 4,7 juta per bulan. Dia masih lajang dan belum mempunyai tanggungan istri maupun anak.  Dengan kata lain, dia harus membayar pajak penghasilan karena penghasilan bulanannya melebihi Rp 4,5 juta per bulan.

Untuk menghitung besaran gaji bersih yang diterima oleh Joko, kita bisa menghitungnya dengan rumus sebagai berikut:

Upah setahun                                    12 X Rp 4.700.000                             Rp 56.400.000

Penghasilan Tidak Kena Pajak                                                                     Rp 54.000.000

Penghasilan  Kena Pajak                                                                                Rp 2.400.000

PPh 21 per tahun                             5% X Rp 2.400.000                            Rp 120.000

PPh 21 per bulan                              Rp 120.000/12                                    Rp 10.000

Gaji bersih                                          Rp. 4.700.000- Rp 10.000               Rp.4.690.000

Take home pay yang akan diterima Joko adalah Rp.4.690.000 per bulan setelah dikurangi pajak penghasilan.

Sementara itu, jika gaji supervisor masih berada di bawah Rp 4,5 juta per bulan, gaji anda tidak dikenakan pajak. Itulah perhitungan gaji supervisor yang bisa anda ketahui. Sebenarnya menghitung gaji supervisor itu tidak ada bedanya dengan gaji karyawan pada umumnya.

Yang menjadi acuan adalah besaran gaji yang ada terima. Mau anda supervisor, karyawan biasa, atau manajer sekalipun jika anda mendapatkan gaji bulanan lebih dari Rp 4,5 juta per bulan. Maka anda harus membayar pajak dengan perhitungan yang sudah kami contohkan di atas. Namun, jika penghasilan anda per bulan di bawah Rp 4,5 juta per bulan, maka tidak perlu repot-repot membayar pajak.

Kesimpulan

Menjadi supervisor adalah impian banyak orang yang meniti karier di perusahaan. Supervisor merupakan jabatan yang cukup tinggi di perusahaan manufaktur. Jabata ini banyak orang yang menginginkan karena menawarkan gaji yang cukup tinggi. Tentu juga dibarengi dengan tanggung jawab yang besar juga.

Gaji supervisor pabrik pun juga berbeda-beda tergantung dengan kondisi keuangan, lokasi pabrik hingga lama pengabdiannya. Tentu saja gaji supervisor pabrik besar sekelas PT Sharp Electronics di Karawang, berbeda dengan gaji supervisor pabrik garmen yang berlokasikan di Boyolali Jawa Tengah.

Gaji supervisor pabrik pun juga tidak terlepas dari kebijakan UMK atau UMR di masing-masing wilayah. Daerah yang UMK-nya besar, maka biasanya akan berpengaruh pada gaji supervisor juga. Begitu juga dengan daerah yang UMK-nya kecil. Namun secara rata-rata nasional, gaji supervisor itu berada di kisaran Rp 3 juta hingga Rp 14 juta per bulan. Bagaimana anda tertarik untuk menjadi supervisor?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *