Mau Jadi Supervisor Andal? Inilah Syarat Menjadi Supervisor Perusahaan

Syarat Menjadi Supervisor
Syarat Menjadi Supervisor

Supervisor merupakan jabatan yang cukup tinggi dalam perusahaan. Banyak orang yang menginginkan jabatan ini karena memiliki prestise yang tinggi. Bukan hanya prestise tapi karena memang jabatan ini menawarkan gaji yang lebih tinggi. Nah, bagaimana sih syarat menjadi supervisor perusahaan? Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasannya berikut ini.

Apa saja syarat menjadi seorang supervisor? Ada beberapa syarat agar Anda lolos sebagai supervisor:

Bacaan Lainnya
  1. Lulusan Sarjana
  2. Mempunyai Keahlian dan Keterampilan
  3. Berpengalaman Organisasi
  4. Skill Komunikasi yang Bagus
  5. Paham Kebijakan Perusahaan

Mau tahu apa saja syarat agar lolos menjadi seorang supervisor yang andal? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Baca juga: Membahas Tuntas Gaji Supervisor Pabrik dan Perhitungannya

Syarat Menjadi Supervisor yang Andal

Untuk bisa menjadi seorang supervisor, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi dan di antaranya adalah sebagai berikut:

Lulusan Sarjana

Kebanyakan perusahaan menjadikan minimal lulusan sarjana S1 menjadi syarat lowongan kerja. Tentu perusahaan menetapkan syarat minimal sarjana ini bukan tanpa alasan. Mengingat tugas dan tanggung jawab supervisor yang besar maka membutuhkan sumber daya yang mempunyai latar belakang yang tinggi.

Dengan kata lain, bagi Anda yang merupakan lulusan SMA, atau Diploma, mungkin akan terbentur dengan syarat yang perusahaan berikan. Solusinya tentu Anda bisa melanjutkan pendidikan Anda hingga tingkat sarjana untuk bisa mewujudkan impian Anda menjadi seorang supervisor.

Namun yang perlu Anda perhatikan supervisor terkadang membutuhkan lulusan sarjana dengan pendidikan tertentu, apakah itu sarjana manajemen, sarjana ekonomi atau sarjana psikologi. Sementara Anda yang merupakan lulusan sarjana namun tidak sesuai dengan lulusan yang perusahaan butuhkan, maka kemungkinan diterima juga kecil.

Mempunyai Keahlian dan Keterampilan

Mempunyai ijazah sarjana saja tidak cukup untuk bisa menempati jabatan supervisor. Syarat menjadi supervisor lainnya adalah Anda harus mempunyai keahlian dan keterampilan sesuai dengan yang perusahaan butuhkan. Siapa saja yang dapat menjadi supervisor dan kompetisi apa saja yang harus dimiliki seorang supervisor?

Misalnya, ada lowongan supervisor di supermarket, maka Anda harus mempunyai minimal skill komunikasi, skill penjualan dan skill pembukuan laporan. Tentu dengan skill (keterampilan) yang Anda punyai tersebut, Anda pun akan lebih terbantu saat menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai supervisor.

Skill yang Anda miliki tersebut akan lebih baik jika Anda membuktikannya dengan sertifikat kursus atau magang yang sudah pernah Anda ikuti. Tentu perusahaan juga akan memberikan penilaian berbeda jika Anda mempunyai sertifikat keahlian ini.

Berpengalaman Organisasi

Syarat lainnya yang perusahaan inginkan untuk jabatan supervisor adalah mempunyai pengalaman baik dalam pekerjaan maupun organisasi. Supervisor merupakan jabatan yang akan sering berkomunikasi dengan pimpinan serta karyawan. Jadi pengalaman organisasi maupun kepemimpinan ini menjadi hal yang penting.

Dengan adanya pengalaman berorganisasi itu akan memperlihatkan bahwa Anda bisa bekerja sama dalam tim. Ini menjadi modal penting dalam dunia usaha, terlebih nanti Anda saat bekerja menjadi supervisor akan bertanggung jawab terhadap bawahan Anda.

Selain berpengalaman dalam organisasi, beberapa perusahaan juga mensyaratkan bagi pelamar untuk mempunyai pengalaman kerja dalam bidang pengawasan. Jika Anda mempunyai pengalaman dalam monitoring ini, maka Anda menjadi nilai tambah.

Namun itu tidak menutup kemungkinan bagi lulusan baru yang belum mempunyai pengalaman kerja. Anda bisa menyampaikan bahwa Anda pernah berpengalaman sebagai pimpinan dalam organisasi. Jika Anda pernah menjadi ketua atau pimpinan, itu berarti Anda juga melakukan tugas monitoring.

Skill Komunikasi yang Bagus

Seperti yang sudah kami singgung di atas, seorang supervisor wajib mempunyai kemampuan komunikasi yang baik. Dengan komunikasi yang baik, Anda akan lebih mudah memberikan tugas kepada bawahan Anda. Begitu juga ketika Anda harus memberikan laporan terkait dengan unit usaha yang Anda awasi.

Supervisor di beberapa sektor, khususnya di supermarket, hotel, maupun swalayan menjadi orang yang akan menerima banyak komplain atau masukan dari konsumen. Oleh karena itu, kemampuan komunikasi yang baik menjadi syarat mutlak untuk jabatan supervisor.

Paham Kebijakan Perusahaan

Jika Anda ingin menduduki jabatan supervisor, maka Anda harus paham dengan kebijakan perusahaan secara umum. Apa yang boleh dan tidak boleh dari perusahaan Anda harus tahu. Hal ini karena supervisor itu menjadi pintu pertama bagi karyawan untuk menanyakan segala hal terkait dengan perusahaan.

Selain itu, supervisor harus mengerti pedoman hukum terkait dengan pekerjaan di lapangan. Di beberapa sektor, supervisor itu tidak hanya di kantor saja, namun juga berperan di luar kantor atau di lapangan.

Bagaimana Cara Menjadi Supervisor

Siapa saja yang bisa jadi supervisor? Jabatan supervisor bisa Anda tempati jika ada perusahaan yang membuka lowongan. Ada perusahaan yang membuka lowongan untuk jabatan supervisor. Namun pastinya mereka juga memberikan syarat-syarat yang cukup banyak, seperti yang sudah kami tuliskan di atas.

Jika Anda merasa memenuhi syarat di atas, maka Anda bisa lanjut mendaftarkan diri Anda sebagai supervisor.

Namun, beberapa perusahaan mengangkat supervisor dari internal karyawan mereka. Jika pihak perusahaan menganggap ada karyawan yang mempunyai kapasitas dan kapabilitas. Untuk bisa menempati jabatan ini, biasanya juga harus berjenjang terlebih dulu. Tidak bisa karyawan baru, tiba-tiba menjadi supervisor. Perusahaan akan mengutamakan karyawan yang sudah lama mengabdi namun mempunyai kemampuan sebagai supervisor.

Kesimpulan

Itulah syarat menjadi supervisor yang bisa Anda ketahui. Jika Anda ingin mendapatkan jabatan supervisor, tentu Anda harus memenuhi syarat di atas. Syarat yang kami tuliskan di atas merupakan syarat umum. Setiap perusahaan mungkin mempunyai syarat-syarat khusus untuk menjadi supervisor. Memang menjadi supervisor syaratnya lebih banyak daripada karyawan biasa. Hal ini tidak terlepas dari tanggung jawab serta tugas yang besar dalam perusahaan. Anda berminat menjadi supervisor? Penuhi dulu syarat-syarat di atas ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *