Potensi Gaji Karyawan Dealer Motor Honda Tahun 2024

Gaji Karyawan Dealer Motor Honda

Penjualan sepeda motor di Indonesia dari waktu ke waktu meningkat dalam jumlah yang signifikan. Hal tersebut tidak terlepas dari peran dealer-dealer motor yang menyediakan berbagai pilihan motor kepada konsumen. Salah satunya adalah dealer motor Honda. Banyaknya peminat motor tersebut juga berpengaruh langsung pada banyaknya dealer motor di Indonesia. Tentu saja, kondisi tersebut juga berimbas pada kebutuhan karyawan dealer motor yang banyak. Nah, dalam kesempatan ini, kami sekilas memberikan pembahasan mengenai kisaran gaji karyawan dealer motor Honda.

Daftar Gaji Karyawan Dealer Motor Honda

Pada artikel ini, kami akan fokus pada pembahasan gaji karyawan dealer, tidak meluas ke gaji karyawan PT AHM. Pada prinsipnya gaji karyawan dealer motor Honda bisa berbeda-beda tergantung dengan lokasi dealer dan penjualan motor. Besaran gaji karyawan biasanya menyesuaikan dengan UMR di wilayah kerja masing-masing.

Pada dealer motor, ada beberapa posisi dengan besaran gaji yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkapnya sebagai berikut!

  • Admin dealer                                      Rp 1,5 juta  – Rp 3 juta
  • Sales Counter                                     Rp 2 juta  –  Rp 5 juta
  • Mekanik dealer                                   Rp 2 juta  – Rp 3,5 juta
  • Keuangan dealer                                Rp 1,5 juta  – Rp 3,5 juta
  • Supervisor sales                                  Rp 3 juta  – Rp 7 juta
  • Manajer dealer                                   Rp 5 juta  – Rp 7 juta

Gaji sales dealer motor itu bisa lebih tinggi jika mampu menjual motor dengan jumlah yang telah ditentukan dalam sebulan. Sales dealer akan mendapatkan bonus penjualan mulai dari Rp 100 ribu hingga 300 ribu untuk 1 sepeda motor.

Selain besaran gaji di atas, karyawan dealer motor Honda juga mendapatkan beberapa tunjangan menarik dan bonus tambahan, seperti:

  • Tunjangan kehadiran karyawan dengan besaran yang bervariatif tergantung dengan kebijakan dealer masing-masing.
  • Bonus penjualan khusus untuk sales yang berhasil menjual  sepeda motor dengan jumlah tertentu.
  • Insentif perbaikan motor bagi mekanik sepeda motor yang berhasil memenuhi target.
  • Jaminan kesehatan BPJS kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.
  • Tunjangan Hari Raya dengan besaran satu kali gaji.

Syarat Mendaftar Karyawan Dealer Motor Honda

Oleh karena itu, sebelum kita lebih jauh membahas mengenai gaji di dealer Honda, Anda harus mengetahui tata cara dan syarat-syarat menjadi karyawan dealer Honda.

Apa saja syarat-syarat yang dibutuhkan untuk menjadi karyawan dealer motor Honda? Berikut syarat dan kualifikasi karyawan di Dealer Honda.

  • Laki-laki atau Perempuan dengan Usia maksimal 30 tahun.
  • Pendidikan minimal SMA atau sederajat.
  • Jujur, Pekerja keras dan suka tantangan kerja.
  • Penampilan menarik dan bersih.

Itu merupakan syarat umum untuk menjadi karyawan dealer Honda. Selain syarat-syarat di atas, ada syarat lainnya sesuai dengan posisi yang Anda lamar. Sebagai contoh, jika Anda melamar sales, maka harus mampu bekerja dengan target. Jika Anda melamar posisi admin, maka Anda harus menguasai komputer.

Baca juga: Standar Gaji Karyawan Rumah Sakit Swasta

Mengenal PT Astra Honda Motor

Salah satu perusahaan manufaktur sepeda motor  terbesar di Indonesia adalah PT Astra Honda Motor (AHM). Awalnya perusahaan ini berdiri pada tahun 1971 dengan nama PT Federal Motor.

Perusahaan ini pertama merintis bisnisnya tidak memproduksi semua spare part motor. Mereka masih mendatangkan dari Jepang untuk beberapa komponennya. Proses ini sering kita sebut dengan istilah Completely Knock Down (CKD).

Mulai tahun 2001, perusahaan manufaktur sepeda motor ini sudah mulai memproduksi semua spare part motor secara mandiri. Hal tersebut juga didorong dengan adanya Peraturan Pemerintah yang mendorong perusahaan manufaktur untuk bisa memproduksi komponennya secara mandiri.

Untuk mendukung ketersediaan komponen motor tersebut, perusahaan ini membuat anak usaha yang membuat komponen sepeda motor tertentu. Salah satunya adalah PT Showa Manufacturing Indonesia yang memproduksi shock sepeda motor. Selain itu, ada PT Honda Astra Engine Manufacturing yang khusus memproduksi mesin sepeda motor. Selain kedua anak perusahaan tersebut, masih ada beberapa anak perusahaan lainnya.

Seiring berjalannya waktu, PT Federal Motor kemudian bergabung dengan anak-anak perusahaannya kemudian menghasilkan perusahaan baru dengan nama PT Astra Honda Motor (AHM).

Perusahaan ini menjadi pelopor produsen motor yang irit dan bandel. Hal tersebut dibuktikan dengan mesi motor yang bandel serta bahan bakar yang terbilang irit. Perusahaan ini pun tetap melakukan inovasi untuk menjaga kualitas produk. Selain itu, mereka juga tetap mengembangkan fitur-fitur terbaru agar bisa bersaing dengan rival-rivalnya.

PT AHM menjadi perusahaan manufaktur motor yang tersukses di Indonesia. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan banyaknya penghargaan dan prestasi yang telah mereka dapatkan. Selain itu, perusahaan ini juga termasuk perusahaan besar dengan karyawan yang berjumlah 20.000 ribu lebih yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Kebutuhan karyawan tersebut juga akan terus meningkat mengingat perusahan ini berkembang cukup pesat di berbagai wilayah di Indonesia.

Cara Daftar Karyawan Dealer Motor Honda

Setiap dealer motor Honda mempunyai kewenangan untuk melakukan rekrutmen karyawan. Memang mayoritas posisi yang dibutuhkan di dealer adalah sales motor Honda. Namun demikian, ada juga posisi lainnya yang dibuka saat proses rekrutmen. Salah satunya adalah mekanik motor. Dealer motor Honda juga melayani servis berkala selain penjualan motor. Itulah mengapa posisi mekanik motor juga banyak yang membutuhkan.

Saat Dealer motor Honda membutuhkan karyawan pada posisi tertentu, pihak dealer akan membuka lowongan lewat akun media sosial, situs pencari kerja terdekat serta surat kabar. Nah, ada bisa memantau informasi lowongan tersebut jika Anda tertarik untuk bekerja di dealer motor Honda.

Selain itu, Anda juga datang ke dealer terdekat untuk menanyakan informasi lowongan kerja di dealer. Ada beberapa dokumen yang harus Anda siapkan, di antaranya adalah:

  • Surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup terbaru.
  • Fotocopi Ijazah dan Transkrip nilai
  • Fotokopi KTP
  • SKCK dari pihak kepolisian yang masih berlaku

Bekerja di dealer motor Honda bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk Anda. Dealer motor Honda sudah tersebar di hampir semua wilayah di Indonesia, bahkan satu Kabupaten biasanya terdiri dari satu atau dua dealer motor Honda.

Dengan demikian, Anda tidak perlu merantau untuk mendapatkan pekerjaan yang gajinya cukup tinggi di dekat tempat tinggal Anda. Selain itu, dealer Honda juga menawarkan berbagai kesempatan untuk meningkatkan skill dan kemampuan bagi karyawannya.

Baca juga: Besaran Gaji Karyawan United Tractors Tahun 2022

Penutup

Anda sudah tahu kisaran gaji karyawan dealer motor Honda? Ya, itulah perkiraan gaji karyawan di dealer motor Honda. Besaran gaji tersebut bisa berubah tergantung dengan UMR masing-masing daerah. Selain itu, penjualan motor juga mempengaruhi besaran gaji karyawan dealer Honda.

Bekerja di dealer motor Honda juga tidak terlalu susah mengingat Anda menjual produk sepeda motor yang menjadi pilihan banyak orang. Sepeda motor Honda selalu menduduki penjualan tertinggi dibandingkan dengan rival-rivalnya. Hal ini juga yang membuat prospek kerja di dealer motor Honda selalu terbuka hingga di masa depan.

Bekerja sebagai karyawan Honda adalah sebuah kebanggaan tapi anda jangan terlena. Anda harus bisa memperoleh banyak pengalaman dan ilmu dari tempat anda bekerja. Pastikan suatu saat Anda bisa resign dengan tenang. Anda bisa memanfaatkan ilmu dan pengalaman Anda untuk mencari karier yang lebih bagus lagi. Sehingga potensi penghasilan Anda semakin meningkat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *