Daftar Gaji Karyawan PT Freeport Indonesia

gaji karyawan pt freeport
gaji karyawan pt freeport

PT Freeport menjadi salah satu perusahaan tambang emas, tembaga, dan perak terbesar di dunia. Perusahaan ini sangat banyak peminatnya, apalagi pekerja di PT Freeport memiliki gaji yang besar. Sebagai perusahaan tambang terbesar di Papua, Indonesia memberikan gaji karyawan PT Freeport dengan jumlah yang cukup fantastis.

Lalu, berapa gaji umr gaji karyawan PT Freeport? Selain memiliki nama besar, perusahaan juga memberikan gaji yang cukup fantastis kepada para karyawannya. Gaji karyawan tambang, jumlahnya bisa melebihi gaji UMR di Papua dan gaji karyawan perusahaan lain. Bahkan gaji tukang parkir pesawat di  PT Freeport jumlahnya besar.

Bacaan Lainnya

Mengingat lokasi tambang yang cukup jauh dari kota, PT Freeport sudah menyiapkan berbagai fasilitas yang akan membuat para pekerjanya bertambah betah. Fasilitas yang tersedia seperti sekolah, tempat makan, toko, bank, perpustakaan, tempat pelatihan, sampai jasa pos ada di lingkungan  PT Freeport.

Daftar Gaji Karyawan PT Freeport Indonesia

Setelah Anda mengetahui berbagai informasi tentang PT Freeport, Anda pasti penasaran dengan berapa gaji karyawan pt freeport indonesia? Berbicara urusan gaji, karyawan PT Freeport memiliki gaji yang cukup besar. Bagi Anda lulusan S1 saja dan bisa mengikuti Graduate Development Program, Anda akan mendapatkan gaji sebesar Rp8 juta atau lebih. Gaji tersebut belum dengan tunjangan dan lain-lain, sehingga gaji karyawan bisa lebih dari delapan juta.

Untuk mengetahui informasi tentang gaji karyawan di PT Freeport, Anda bisa menyimak penjelasan berikut ini.

Gaji Karyawan PT Freeport

Bekerja di perusahaan terbesar di Indonesia bahkan di dunia dengan gaji yang besar, merupakan impian semua orang. Termasuk juga Anda. Walaupun gaji karyawan PT Freeport terbilang cukup tinggi, namun penentuan gaji tersebut tergantung dari masa kerja, daerah, jabatan, dan juga prestasi milik karyawan tersebut.

Lalu, Berapa rata rata gaji karyawan PT Freeport? Berikut ini gaji karyawan PT Freeport setiap bulan untuk beberapa posisi.

  1. 400.000 (Accounting Manager).
  2. 000.000 (Finance).
  3. 100.000 (Engineer).
  4. 000.000 (Drafter And PPIC EPC).
  5. 500.000 (Contract Engineer).
  6. 600.000 (Clerk).
  7. 000.000 (Chief Planner).
  8. 900.000 (Chief Engineer).
  9. 000.000 (Analis Kimia).
  10. 000.000 (Accounting).
  11. 000.000 (Mekanik).
  12. 000.000 (Mechanical Engineer).
  13. 000.000 (1Manager HRD).
  14. 500.000 (Intern Student).
  15. 400.000 (Intern).
  16. 000.000 (Administration And Technician).
  17. 000.000 (Senior Geologist).
  18. 500.000 (Senior Manager).
  19. 500.000 (Shotcreter).
  20. 000.000 (Staf Administrasi).
  21. 300.000 (Staff).
  22. 700.000 (Staff HRD).
  23. 900.000 (Superintendent).
  24. 000.000 (Supervisor).
  25. 000.000 (System Analyst).
  26. 800.000 (Technician).
  27. 000.000 (Underground).
  28. 500.000 (Metalurgi).
  29. 500.000 (Officer).
  30. 500.000 (Operations).
  31. 000.000 (Operator).
  32. 800.000 (Operator Alat Berat).
  33. 500.000 (Operator Ore Control).
  34. 000.000 (Perawat).
  35. 000.000 (Planner).
  36. 000.000 (Safety Health And Environment Manager).
  37. 500.000 (Satpam).
  38. 000.000 (Foreman).
  39. 000.000 (Gas Plant Operator).
  40. 100.000 (General Foreman).
  41. 300.000 (Graduate Development Program).
  42. 000.000 (Geologist).

Setelah Anda melihat gaji dari beberapa posisi di atas, memang PT Freeport memberikan gaji yang tinggi. Selain itu, PT Freeport merupakan salah satu perusahaan yang memberikan gaji tinggi untuk bagi para pekerjanya. Khusus karyawan lulusan S1, perusahaan bisa memberikan gaji sekitar Rp10.000.000 tiap bulan. Dengan nominal yang perusahaan berikan tersebut, tentu saja kesejahteraan karyawannya akan terjamin. Maka tidak heran, jika banyak orang yang ingin lolos menjadi karyawan tetap di PT Freeport tersebut.

Tunjangan Karyawan PT Freeport Indonesia

Gaji karyawan PT Freeport memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain memberikan gaji yang besar kepada pekerjanya, PT Freeport juga memberikan tunjangan dan bonus dengan nominal yang sangat besar.

Jenis tunjangan yang perusahaan berikan kepada karyawan yaitu THR (Tunjangan Hari Raya) dan Hari Natal, tunjangan produksi, tunjangan kesehatan, beasiswa pendidikan, BPJS Ketenagakerjaan, dan pengembangan kompetensi.

Selain menyediakan tunjangan untuk karyawannya, PT Freeport juga menyediakan berbagai macam fasilitas. Fasilitas tersebut bisa menunjang karyawan yang ada di PT Freeport. Fasilitas tersebut yaitu:

  • Toko retail tempat berbelanja
  • Kolam renang
  • Tempat rekreasi
  • Rumah sakit dan klinik
  • Transportasi
  • Jasa pengiriman pos
  • Sekolah
  • Tempat makan
  • Bank
  • Perpustakaan
  • Sarana prasarana latihan

Lokasi pertambangan PT Freeport yang jauh dari perkotaan, tidak membuat akses sarana publik terhambat. Tersedianya beberapa fasilitas untuk karyawan dan tunjangan karyawan, itu artinya perusahaan tidak hanya menjamin kesejahteraan para pekerjanya. Tetapi, kesejahteraan warga sekitarpun ikut terjamin. Terbukti dari kepedulian PT Freeport tentang kesehatan warga yang tinggal di sekitar tambang.

PT Freeport berusaha menjadi warga yang baik (good corporate citizen) dengan keikutsertaannya dalam kegiatan positif untuk masyarakat sekitar. Perusahaan membuat suatu program yang bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan warga sekitar. Hal ini dilakukan untuk memberikan dampak positif yang permanen menuju pembangunan yang berkesinambungan.

Baca juga: Pengertian Gaji, Jenis Dan Komponennya

Bagaimana PT Freeport Indonesia Beroperasi?

PT Freeport Indonesia merupakan perusahaan tambang mineral terbesar di dunia dan merupakan afiliasi dari Freeport-McMoRan (FCX) dan Mining Industry Indonesia (MIND ID). Freeport-McMoRan (FCX) merupakan perusahaan tambang internasional yang ada di Amerika Serikat. Sedangkan Mining Industry Indonesia (MIND ID) merupakan Holding Industri Pertambangan Indonesia dimana PT Freeport menjadi salah satu bagian anggota holding.

PT Freeport melakukan penambangan, eksplorasi, pemrosesan pada bijih, dan menghasilkan konsentrat yang memiliki kandungan emas, tembaga, dan perak. Perusahaan ini beroperasi di wilayah Timika, Provinsi Papua. PT Freeport akan memasarkan konsentrat dari bijih yang mereka hasilkan ke seluruh dunia. Terutama ke smelter tembaga dalam negeri, yaitu PT Smelting.

Saat ini jumlah karyawan PT Freeport yaitu lebih dari 28 ribu karyawan. Jumlah karyawan tersebut, membuat  PT Freeport tergolong perusahaan tambang yang cukup besar dari perusahaan tambang lain. Untuk itu, banyak orang yang ingin bekerja di perusahaan tersebut.

Lalu, bagaimana PT Freeport Indonesia Beroperasi?  PT Freeport memiliki komitmen secara kreatif bisa melakukan transformasi sumber daya alam menjadi kesejahteraan dan pembangunan yang berkelanjutan. Hal tersebut dilakukan lewat praktik-praktik pertambangan dengan kualitas terbaik, namun tetap memperhatikan kesejahteraan pekerja dan masyarakat sekitarnya. Tanpa mengesampingkan lingkungan dan tanggung jawab, serta keselamatan dan kesehatan kerja. Hal ini perusahaan lakukan untuk mewujudkan perusahaan tambang yang berkelas di dunia.

Ada tua teknik penambangan yang perusahaan terapkan, yaitu  tambang bawah tanah dan tambang terbuka (open pit).

Penambangan bawah tanah caranya adalah dengan menggunakan Block Caving. Proses ini dilakukan untuk menekan efisiensi sumber daya. Cara yang perusahaan lakukan yaitu memotong blok-blok besar bijih yang ada di bawah tanah dari arah bawah. Sehingga bijih akan runtuh karena gaya beratnya sendiri. Proses selanjutnya yaitu dengan menarik bijih yang runtuh dari drawpoint (titik tarik) dan mengangkatnya menuju alat untuk menghancurkan.

Sedangkan tambang terbuka yaitu proses yang dilakukan karena tubuh bijihnya terletak di dekat permukaan tanah pegunungan (Grasbreg). Para pekerja harus memperhatikan hal penting dalam menambang terbuka yaitu menjaga stabilitas lereng dan menanam kembali pepohonan asli bekas reklamasi (penambangan).

Kriteria dan Persyaratan Melamar Kerja di PT Freeport Indonesia

Sebelum Anda memutuskan untuk bekerja di PT Freeport, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan yaitu kriteria dan syarat-syarat melamar pekerjaan di PT Freeport. Berikut ini beberapa kriteria dan syarat-syarat melamar yang harus Anda persiapkan.

Persyaratan Akademik

Syarat yang pertama adalah persyaratan akademik. Bagi Anda yang ingin bekerja di PT Freeport, Anda harus memiliki ijazah D4, S1, atau S2 pada bidang studi yang terpilih. Baik itu Universitas di Indonesia ataupun Luar Negeri.

IPK (Indeks Prestasi Kumulatif)

Syarat yang kedua yaitu mempunyai nilai IPK minimal 2.8 dari skala 4.00.

Fresh Graduate

Pelamar kerja tidak boleh melebihi dua tahun sejak kelulusannya.

Berpengalaman

Pengelaman kerja yang terbatas (0-2 tahun).

Batas Usia

Usia maksimal untuk bisa melamar pekerjaan di PT Freeport  yaitu 30 tahun untuk warga asli Papua dan 26 tahun untuk warga luar Papua.

Selain kriteria dan persyaratan yang ada di atas, ada juga beberapa dokumen yang harus Anda persiapkan, antara lain:

  • CV (Curriculum Vitae)
  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Kartu Keluarga
  • Ijazah yang sudah dilegalisir
  • Transkip nilai (legalisir)

Jika semua persyaratan sudah Anda siapkan, simak cara melamar kerja di PT Freeport berikut ini.

  1. Mengirimkan dokumen lengkap (hard copy) lewat Kantor Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil menengah dan tenaga Kerja Provinsi di Jayapura.
  2. Tulis keterangan berikut ini pada bagian depan amplop:
  • FGP- lowongan melalui Disnakertrans Provinsi Papua.
  • Nama (sesuai KTP).
  • Etnik: Papua (suku Papua), Non Papua (suku selain Papua).
  • Jurusan.
  • IPK.
  1. Mengirimkan dokumen lengkap (soft copy) melalui email ke PTFI_E-recruitment@fmi.com dan berikan subjek “FGP-nama sesuai KTP -Kota Asal sesuai KTP-Jurusan”.

Tips Lolos Interview di PT Freeport Indonesia

Gaji karyawan PT Freeport yang tinggi membuat sejumlah orang ingin bergabung di perusahaan tersebut. Namun, proses saringan calon karyawan PT Freeport bukanlah hal yang mudah. Karena Anda harus melewati beberapa test terlebih dahulu sebelum bisa bergabung dengan perusahaan.

Ada beberapa tips yang bisa Anda coba agar lolos interview kerja di PT Freeport. Apa saja tipsnya? Yuk simak tips lolos interview di PT Freeport berikut ini:

  1. Anda harus memahami tentang profil perusahaan yang membuka lowongan.
  2. Mengetahui tanggung jawab dari jabatan atau posisi yang Anda lamar.
  3. Jelaskan keahlian Anda pada bidang yang Anda lamar tersebut.
  4. Jelaskan kepada HRD tentang potensi atraktif Anda sehingga Anda pantas untuk diterima menjadi karyawan PT Freeport.

Melamar pekerjaan di perusahaan besar, bukanlah hal yang mudah. Karena Anda harus bersaing dengan ratusan atau bahkan ribuan pelamar lain yang berusaha bergabung dengan perusahaan. Oleh karena itu sebelum Anda melamar pekerjaan di PT Freeport, Anda harus mempersiapkan diri dengan sebaiknya-baiknya. Agar kesempatan Anda untuk diterima sebagai karyawan semakin besar.

Baca juga: Membahas Tuntas Gaji Supervisor Pabrik dan Perhitungannya

 Kesimpulan

Nah, itulah daftar gaji karyawan PT Freeport Indonesia yang perlu Anda ketahui. Setelah mengetahui informasi terkait gaji karyawan PT Freeport, apakah Anda tertarik untuk menjadi pekerja di perusahaan tersebut? Jika Anda tertarik, Anda bisa mencari tahu informasi tentang penerimaan karyawan baru PT Freeport lewat situs yang berkaitan. Belerka pada perusahaanhaygn bonafit seperti Freeport akan menungkatkan kesejahteraan Anda. Sehingga Anda berpeluang untuk menabung dalam jumlah besar. Sehingga bisa mengubah gaji Anda menjadi aset. Aset inilah yang akan mengantarkan Anda jadi orang sukses, kaya dan memiliki pengaruh di masyarakat. Untuk bisa menabung, maka Anda perlu memilki mental kaya. Yaitu mental berbagi dan memberi. Memiliki aset yang kuat, membuat anda punya banyak potensi penghasilan. Sehingga Anda punya banyak kesempatan untuk berbuat untuk orang lain dan menolong mereka. Semoga artikel ini bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *