Mengupas Sistem Gaji Karyawan Cafe

Sistem gaji karyawan cafe
Sistem gaji karyawan cafe

Cafe merupakan fenomena menarik yang lagi naik daun sekarang ini. Pertumbuhannya luar biasa pesat. Tentu setiap jenis usaha dan bisnis punya sistem penggajian masing-masing. Termasuk sistem gaji karyawan cafe. Ada beberapa sistem penggajian karyawan cafe yang telah berjalan pada beberapa cafe.
Namun, sistem ini banyak menguntungkan pemilik cafe dari pada berpihak pada karyawan. Padahal, karyawan telah bekerja keras untuk melayani pembeli, bersikap profesionalisme dan menghasilkan penjualan. Ujung-unjungnya Anda mampu mencetak cash.

Mau tahu bagaimana sistem gaji cafe yang berlaku saat ini? Simak penjelasannya sebagai berikut.

Sistem Gaji Karyawan Cafe

Dalam praktiknya, ada berapa sistem atau model penggajian untuk karyawan cafe yang sering orang gunakan. Di antaranya adalah:

Pertama, Sistem Gaji Sesuai Dengan Standar UMR

Cafe yang menerapkan sistem gaji ini adalah cafe yang sudah lama beroperasi dan memiliki kemampuan finansial yang cukup. Sehingga mereka mampu membayar gaji pegawai sesuai dengan UMR yang berlaku di daerahnya. Tentu cafe yang sudah lama beroiperasi dan memilki sistem manajemen yang bagus. Sehingga pertumbuhan dan perkembangan cafe tertata rapi dan modern.

Baca juga: Potensi Gaji Karyawan Walet Menggiurkan

Kedua, Sistem Gaji Non UMR

Sistem gaji yang penetapannya tak sesuai dengan standar UMR. Sebab utamanya karena pemilik merasa belum mampu membayar gaji karyawan sesuai dengan UMR. Sehingga mereka menentukan gaji karyawan sesuai dengan kemampuannya. Tentu mereka tak melakukan pelanggaran terkati dengan undang-undang pengupahan karena mereka rata-ratu belum memiliki ijin usaha cafe resmi.

Ketiga, Sistem Gaji Berdasarkan Persentase

Ada juga cafe yang menerapkan sistem penggajian karyawan sesuai dengan persentase omzet yang mereka peroleh. Semakin besar penghasilan cafe, maka potensi penghasilan karyawan juga semakin besar. Hal ini berpotensi meningkatkan penghasilan mereka.

Sehingga karyawan akan semangat dan antusias untuk bekerja dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Ujung-ujungnya supaya omset cafe meningkat dan penghasilan mereka juga meningkat.

Sebenarnya sistem gaji ini sangat adil karena karyawan memperoleh penghasilan yang jumlahnya besar bila cafe memperoleh omset tinggi. Begitu juga sebaliknya, pemilik kafe tak akan banyak menanggung kerugian bila cafe mengalami kerugian karena sepi pembeli.

Saat membeli sepi, maka omset cafe menurun. otomatis penghasilan cafe juga menurun. Dalam kondisi seperti ini, maka gaji karyawan juga ikut menurun. Ini salah satu metode penggajian yang sangat efektif dan efisien, baik bagi pemilik cafe ataupun karyawannya.

Daftar Gaji Karyawan Cafe

Setelah kita mempelajari beberpa sistem gaji kafe, sekarang kia akan membahas tentang besaran gaji karyaan cafe. Ada beberapa gaji cafe sesuai dengan jabatannya:

  1. General manajer berpotensi memperoleh gaji sebesar 4747.869,-
  2. Chef berpeluang memperoleh gaji sebesar 3.751.030,-
  3. Resepsionis berpotensi mendapatkan gaji 3,000000,-
  4. Barista memperoleh penghasilan 2.683.000,-
  5. Witer berpeluang memperoleh gaji 3000000,-
  6. Kasir berpotensi memperoleh gaji 2.800.000,-

Peluang Kerja Di Cafe

Ada beberapa peluang bila Anda bekerja pada sebuah cafe. Terutama cafe yang sudah lama dan profesional. Mereka memperlakukan karyawan sebagai partner untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggannya.

Sehingga karyawan cafe memiliki posisi yang setara dengan pekerja yang lainnya. Berikut beberapa peluang atau keuntungan bila Anda bekerja pada sebuah cafe:

Potensi Penghasilan Tinggi

Bila Anda bekerja pada sebuah kafe yang profesional, maka Anda berpeluang memperoleh penghasilan tinggi.
Salah satunya karena cafe berbeda dengan warung makan biasa. Mereka memiliki sistem yang lebih modern dan profesional. Menu makanan yang tersedia pada sebuah kafe, nilai harganya lumayan tinggi.

Hal ini setara dengan benefit (keuntungan) yang mereka peroleh. Semakin besar penghasilan cafe, maka mereka memiliki kemampuan untuk membayar karyawan dengan gaji yang lumayan tinggi. Inilah alasan mengapa cafe berani membayar karyawan dengan harga standar UMR.

Makan Gratis Setiap Hari

Rata-rata karyawan cafe memperoleh kesempatan untuk makan gratis. Tentu tak semua karyawan cafe memperoleh kesempatan ini. Bila karyawan cafe Anda makan di cafe, maka mereka bisa menghemat uang untuk menabung dan berinvestasi.

Potensi Memperoleh Bonus

Bonus merupakan salah satu stimulus orang semangat dan antusias dalam bekerja. Ada sebagian kafe yang memberikan bonus bagi karyawan yang berhasil mencetak omzet dalam jumlah tertentu.

Hal ini sangat wajar karena semakin bertambah ramai cafe, maka semakin besar potensi penghasilan mereka. Bukan hanya jadi stimulus karyawan agar semangat dalam bekerja, bonus juga jadi salah satu faktor karyawan lebih solid.

Menambah Pengalaman Dan Skill (Keterampilan)

Sesuatu yang paling berharga dari bekerja di cafe adalah pengalaman. Pengalaman Anda bekerja pada sebuah kafe bisa Anda tawarkan pada kafe yang lain. Terutama pengalaman melakukan penjualan dan memaksimalkan potensi cafe. Sehingga banyak orang yang percaya untuk datang ke kafe Anda.

Kebutuhan Karyawan Cafe

Tanpa Anda sadari, kebutuhan orang pada kafe sangat tinggi. Salah satunya karena cafe sedang mengalami pertumbuhan dan naik daun. Banyak orang berlomba-lomba mendirikan kafe dengan menawarkan keunikan yang beda-beda.

Sehingga menjamurnya cafe merupakan peluang bagi kamu yang ingin memperoleh penghasilan dari bekerja pada sebuah kafe.
Karyawan cafe rata-rata berusia muda karena memiliki semangat dan energi yang tinggi.

Syarat Kerja Di Cafe

Bila Anda ingin berpartisipasi dan bekerja pada sebuah kafe, maka, Anda perlu memenuhi beberapa persyaratan minimalis berikut ini:

  1. Pria atau wanita
  2. Umur maksimal 18 sampai 28 tahun
  3. Minimal pendidikan SMK
  4. Memiliki pengalaman sangat diutamakan
  5. Penampilan menarik, bersih dan rapi
  6. Mampu bekerja dalam tim
  7. Jujur, lincah dan cekatan
  8. Siap bekerja pada akhir pekan dan pada libur nasional

Kelebihan Bekerja Di Cafe

Ada beberapa kelebihan yagn akan Anda dapatkan bila Anda bekerja di cafe. Apa saja kelebihan kerja di cafe? Kelebiah bekerha di cafe:

Bekerja Sesuai Dengan Job Description

Bila Anda bekerja pada sebuah cafe Anda tak akan mendaptkan tugas yagn berat karena setiap riang mempunya tugas masing masing sesuai derngan job yang telah mereka tentukan. Apalagi bila Anda bekerja pada cafe profesioanal. Mereka akan emnghgargai tenaga dan keahlian Anda.

Tak Terlalu Resmi

Bekerja di senuah cafe berbeda dengan bekerja pada sebuah kantor. Baik kantor perusahaan atau kantor lembaga pemerintahan. Bekerja pada sebuah kantor menuntut Anda untuk memakai seragam resmi kantor. Ini bagian dari disiplin. Sebaliknya, saat Anda bekerja di cafe, Anda tak perlu memakai seragam resmi. Tujuan utamanya adalah supaya nyaman dan tak kaku saat memberikan pelayanan pada konsumen.

Potensi Gaji Berbeda Tiap Bagian

Bila Anda bekerja pada sebuah cafe, maka potensi gaji Anda berbeda setiap orangnya. Semakin besar tugas dan tanggung jawab Anda, semakin besar pula potensi gaji yang akan Anda dapatkan.

Penutup

Sistem penggajian setiap usaha dan bisnis tentu berbeda beda. Termasuk sistem gaji karyawan cafe. Memahami sistem penggajian akan memudahkan Anda pengelola cafe untuk memaksimalkan usaha cafe Anda, menentukan margin dan merekrut karyawan baru. Dalam artikel ini penulis sudah menyajikan artikel tentang gaji karyawan kafe secara lengkap. Semoga artikel yang penulis sajikan ini bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *