Daftar Pabrik Yang Membutuhkan Kopra Tahun 2024

Pabrik Yang Membutuhkan Kopra
Pabrik Yang Membutuhkan Kopra

Salah satu komoditas ekspor Indonesia adalah kopra. Kopra telah dipasarkan ke berbagai penjuru dunia. Hingga saat ini, para petani kopra juga masih mengolah teknik pembuatan minyak kelapa secara tradisional. Namun seiring dengan berkembanganya zaman, sudah banyak industri kopra yang mengolahnya menjadi produk siap pakai. Pabrik yang membutuhkan kopra apa saja? Ada banyak dan diantaranya adalah pabrik minyak goreng, mentega, biodiesel dan yang lainnya.

Pabrik Yang Membutuhkan Kopra

Adapun langkah-langkahnya diantaranya adalah menjemur kopra hingga kering selama 3 hingga 5 hari. Setelah kopra kering, petani akan mencacah kopra menjadi parutan dan kemudian memeras minyaknya. Nah, kopra sudah setengah jadi dan bisa dipasarkan. Kopra dengan kualitas yang bagus biasanya mempunyai kadar air yang rendah, sekitar 6 hingga 7 persen. Sementara, kopra yang mengandung kadar air tinggi biasanya akan mudah busuk.

Proses Pengolahan Kopra

Nah, seiring berkembangnya teknologi, kopra kini diolah dengan cara yang lebih modern oleh pabrik kopra. Peralatan yang digunakan untuk mengolah kopra juga lebih maju, canggih dan cepat. Salah satu alat yang memegang peranan penting adalah mesin oven.

Pabrik menggunakan mesin ini untuk mengeringkan kopra dengan lebih cepat dan tanpa tergantung dengan cuaca. Pada mesin oven, pekerja akan mengatur suhu hingga 80 derajat hingga menyisakan kadar air sebanyak 6 persen.

Setelah kering, pekerja kemudian menghaluskan kopra dengan menggunakan  mesin cacah. Kemudian, mereka mem-press gilingan kopra tersebut untuk di ambil minyaknya.

Pengolahan Kopra menjadi Crude Coconut Oil (CCO)

Setelah minyak terkumpul, minyak tersebut diendapkan kemudian mereka saring. Sampai proses ini, kopra masih setengah jadi. Minyak yang telah tersaring tersebut kemudian diolah kembali dengan menambahkan beberapa senyawa kimia. Proses ini berguna untuk menghilangkan asam lemak yang ada pada kandungan CCO.

Setelah itu, pekerja akan menambahkan arang aktif untuk membuat minyak menjadi jernih. Proses tersebut berlanjut dengan proses steam untuk menghilangkan bau kurang sedap pada kopra. Setelah semua proses tersebut berjalan, maka langkah terakhir adalah mengemas minyak tersebut ke dalam wadah. Minyak siap Anda jual ke pasaran.

Produk Turunan Minyak Kopra

Selain untuk membuat minyak goreng, minyak kopra atau CCO juga bisa Anda olah menjadi beberapa produk lainnya yang bermanfaat bagi kehidupan orang banyak. Apa kegunaan kelapa kopra? Berikut penjelasan lengkapnya.

Pertama, biodiesel. Minyak kelapa kopra bisa Anda manfaatkan menjadi biodiesel. Biodiesel adalah bahan bakar kendaraan bermotor yang terkenal ramah lingkungan. Tidak hanya itu saja, jenis bahan bakar ini juga meningkatkan kinerja mesin untuk lebih optimal.

Kedua, mentega. Kopra bisa dibuat apa saja? Minyak kopra mentah juga bisa anda olah menjadi produk mentega. Minyak kopra menjadi bahan baku utama untuk membuat mentega yang selama ini banyak kita gunakan untuk keperluan pengolahan makanan.

Ketiga, kosmetik. Minyak kopra mentah juga banyak yang menggunakan sebagai bahan baku produk kosmetik. Salah satu produk yang banyak orang gunakan adalah Virgin Coconut Oil (VCO). Produk tersebut banyak yang menggunakann untuk membuat lotion agar kulit dan wajah menjadi lebih lembut.

Lipstick yang sering digunakan oleh banyak wanita ini juga terbuat dari minyak mentah kopra. Kandungan minyak kelapa pada produk kecantikan tersebut untuk menjaga warna agar tidak mudah pudar.

Keempat, sabun. Minyak kopra mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk menjaga kebersihan badan. Oleh karena itu, minyak kelapa ini banyak yang menggunakan sebagai campuran bahan baku pembuatan sabun mandi. Penggunaan minyak ini juga agar sabun lebih halus dan lembut.

Kelima, pakan ternak. Ampas kopra ternyata juga masih bisa Anda manfaatkan sebagai pakan ternak. Ampas tersebut mengandung protein dan lemak yang sangat bagus untuk pertumbuhan hewan ternak Anda, termasuk ternak sapi.  Bahkan, pengolahan ampas kopra ini sudah ada yang mengekspor hingga ke luar negeri.

Baca juga: Apa Yang dimaksud Operator Produksi? Operator Produksi dan Tugasnya

Mengenal kopra

Kopra merupakan daging kelapa yang sudah kering. Dengan kata lain, kopra merupakan produk turunan dari buah kelapa yang banyak perusahaan gunakan sebagai bahan baku berbagai jenis produk termasuk minyak kelapa, mentega, biodiesel, sabun dan beberapa yang lainnya. Kopra yang bagus adalah kopra yang berasal dari kelapa yang berumur kurang lebih 300 hari.

Harga Kopra Kelapa Kering

Harga kopra cenderung fluktuatif, naik turun tergantung dengan supply and demand. Di tahun 2021 kemarin, harga kopra termasuk stabil berada di kisaran Rp. 7.900 – Rp. 10.900 per kilonya. Harga kopra di setiap daerah juga berbeda-beda. Misalnya harga kopra di Ambon dengan di Menado juga mengalami perbedaan.

Untuk mengetahui harga terkini kopra, Anda bisa memantau website resmi disperindag Indonesia. Pemerintah biasanya selalu update memberikan harga kopra terkini.

Kesimpulan

Sekarang sudah tahukah Anda mengenai kopra hingga proses produksinya? Ya banyak pabrik yang membutuhkan kopra sebagai bahan baku membuat minyak goreng dan banyak produk turunannya, seperti sabun, produk kecantikan, mentega, pakan ternak dan beberapa yang lainnya. Kopra merupakan salah komoditas ekspor sumber daya alam Indonesia yang banyak terjual di berbagai penjuru dunia. Harga kopra juga fluktuatif, naik turun tergantung dengan lokasi dan permintaannya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 Komentar

  1. Terima kasih telah memberikan informasi yang mengedukasi petani. Namun adakah informasi pabrik-pabrik yang mau kerjasama dan menerima hasil kopra dari petani? Kami punya kopra asalan sebanyak 15 ton dari Ambon tetapi belum ada yang membelinya.

      1. 081291904302
        Sedia koprah 7-15 pak. Jika minat bisa hubungi nomer diatas terimakasih

  2. Saya kelompok petani kelapa di daerah sampit ingin jadi pemasok kelapa bila diperlukan, sampai di Jakarta harga kelapa berapa perbijinya