Mengupas Gaji Karyawan Air Minum Biru

Gaji Karyawan Air Minum Biru
Gaji Karyawan Air Minum Biru

Perusahaan isi ulang air minum merek BIRU merupakan salah satu perusahaan depo air minum yang terkenal. Banyak orang sangat familier dengan depo air minum ini. Hal tersebut tentunya tidak mengherankan mengingat depo air minum isi ulang sudah tersebar di hampir semua kota. Sehingga potensi gaji karyawan air minum biru tentu cukup tinggi.

Berdasarkan data, depo air minum ini sudah tersebar di hampir 41 kota di Indonesia. Terhitung lebih dari 670 gerai sudah beroperasi di wilayah Indonesia. Banyaknya gerai tersebut tentu saja juga berpengaruh pada jumlah karyawannya. Itulah mengapa perusahaan ini sering membuka rekrutmen karyawan. Nah, bagi Anda yang tertarik bekerja di perusahaan air minum isi ulang tersebut, mari simak pembahasan gaji karyawan air minum Biru.

Mengenal Depo Air Minum Isi Ulang BIRU

Depo air minum isi ulang ini merupakan perusahaan milik PT Biru Semesta Abadi. Awal berdirinya perusahaan ini adalah saat pemilik sekaligus pendiri depo air minum Biru ini, Yantje Wongso memulai bisnis air minum isi ulang pada tahun 2002.

Saat mulai membuka usaha air minum isi ulang, ternyata mendapatkan sambutan yang luar biasa dari masyarakat. Mereka menyukai air minum Biru ini karena mempunyai harga yang murah dan rasanya tidak pahit. Selain itu, depo air minum ini juga memberikan layanan yang prima kepada konsumennya. Pada tahun 2006, dibuka Franchise depo air minum isi ulang dengan nama  PT Biru Semesta Abadi. Semenjak itu, perusahaan air minum isi ulang ini berkembang pesat dan menyebar ke hampir seluruh wilayah Indonesia.

Menurut website resmi, perusahaan ini sudah membuka cabang di 41 kota besar di Indonesia dengan jumlah gerai lebih dari 670 gerai. Angka tersebut jika kita rata-rata, maka setiap kota ada kurang lebih 16 gerai depo pengisian air minum isi ulang.

Banyaknya gerai tersebut, maka tidak mengherankan jika perusahaan ini membutuhkan banyak karyawan untuk bekerja di gerai-gerai yang tersebar tersebut. kebutuhan karyawan pun juga akan semakin bertambah mengingat perkembangan bisnis air minum isi ulang ini juga sangat cepat.

Baca juga: Cara Menghitung Gaji Karyawan Mudah dan Simpel

Berapa Gaji Karyawan Air Minum BIRU?

Banyak yang ingin tahu besaran gaji menjadi karyawan di perusahaan air minum isi ulang Biru. Untuk pegawai, kisaran besaran gaji yang akan Anda dapatkan antara Rp 1.600.000 hingga 4.000.000. Besaran gaji karyawan tersebut merupakan kisaran dari yang terendah hingga yang tertinggi.

Tentu saja, besaran gaji karyawan bisa berbeda-beda tergantung dengan lokasi gerainya. Misalnya, sama-sama berposisi sebagai karyawan toko, tentu besaran gajinya berbeda antara gerai yang ada di Jakarta dengan gerai yang ada Jawa Tengah. Perbedaan besaran gaji tersebut karena perbedaan Upah Minimum Regional (UMR) di setiap daerah juga berbeda-beda. Jadi meski menduduki posisi yang sama, besaran gaji karyawannya juga bisa berbeda.

Sebagai contoh, ada karyawan toko air minum isi ulang biru yang menjaga toko di kawasan Tangerang. Dia mendapatkan gaji per bulan berkisar Rp 3.500.000. Gaji tersebut cukup besar untuk penjaga gerai air minum. Angka tersebut setara dengan gaji karyawan pabrik setiap bulannya.

Namun perlu Anda tahu, Tangerang termasuk kawasan Megapolitan yang banyak penduduknya. Selain itu, Tangerang juga merupakan kawasan industri yang banyak didominasi oleh karyawan. Ini berarti target pasar air minum isi ulangnya juga sangat potensial. Mereka lebih memilih membeli air minum isi ulang karena lebih simpel dan terjangkau harganya.

Jika Anda bekerja sebagai karyawan toko air minum Biru, di wilayah Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi atau Bandung, Anda kemungkinan juga bisa mendapatkan gaji bulanan yang hampir sama. Kalaupun berbeda, tentu perbedaannya tidak terlalu signifikan.

Namun demikian, jika Anda bekerja sebagai penunggu toko di gerai air minum isi ulang Biru di daerah yang jauh dari kawasan Megapolitan seperti di Jogja, Semarang, dan wilayah lainnya. Mungkin, besaran gaji yang akan Anda terima juga lebih rendah. Gaji tersebut akan disesuaikan dengan UMR masing-masing kota dengan memperhatikan permintaan pasar. Semakin banyak penjualan air minum isi ulang, maka semakin besar juga potensi penghasilan yang Anda dapatkan.

Cara Menghitung Gaji Karyawan Air Minum BIRU

Pada pembahasan di atas, kami sudah memberikan informasi tentang kisaran gaji bekerja di gerai air minum isi ulang Biru. Nah, bagaimana cara menentukan besaran gaji tersebut? Simak penjelasannya berikut ini!

Jangan langsung memberikan gaji pokok tinggi

Perusahaan mungkin tidak akan memberikan gaji pokok yang cukup tinggi jika mereka baru merintis usaha air minum isi ulang tersebut. kebanyakan perusahaan akan memberikan gaji pokok di bawah satu juta rupiah per bulannya. Ya, gaji awalnya memang terhitung cukup rendah. Hal tersebut perlu menjadi pengetahuan bersama karena perusahaan harus mencari pasar terlebih dulu. Mereka harus melakukan promosi, memberikan diskon dan masih banyak lainnya. Namun besaran gaji tersebut akan meningkat secara bertahap seiring dengan berkembangnya usaha.

Memberi Uang Makan

Biasanya, syarat menjadi karyawan gerai di depo air minum harus sanggup tinggal di toko. Oleh karena itu, perusahaan biasanya juga akan memberikan uang makan tambahan. Untuk hitungan tiap makan Rp 10.000 untuk tiga kali makan: pagi, siang dan malam. Jadi, per hari, perusahaan harus memberikan uang makan sebesar Rp 30.000. Sebagai alternatif, perusahaan terkadang akan memberikan bahan makanan berupa beras beserta lauk pauk serta alat masak. Jika perusahaan hanya memberikan beras saja, maka perusahaan umumnya memberikan uang membeli lauk pauk sebesar Rp 5.000 sebanyak 3 kali dalam sehari.

Bonus Target

Selain kedua variabel di atas, perusahaan juga akan memberikan bonus kepada karyawan jika sanggup mencapai target penjualan yang telah ditetapkan perusahaan. Metode ini bisa memacu karyawan untuk lebih semangat lagi dalam bekerja. Mereka akan maksimal melakukan pelayanan beserta dengan penjualan kepada konsumen.

Sebagai contoh, jika karyawan sanggup menjual 30 galon dalam sehari, maka dia akan mendapatkan bonus tambahan Rp 15.000. Jika penjualan terus meningkat, maka perusahaan bisa memberikan bonus yang lebih besar dari sebelumnya. Hal ini akan terus menjaga motivasi kerja karyawan untuk memberikan yang terbaik.

Selain variabel gaji di atas, perusahaan juga akan memberikan tambahan tunjangan kepada karyawan. Salah satunya adalah tunjangan hari raya. Tentu saja bekerja sebagai penjaga toko depo air minum Biru ini bisa menjadi pilihan bagi Anda. Pola kerjanya pun juga lebih santai karena Anda akan melayani pembeli jika ada yang melakukan pembelian. Selain itu, Anda juga mempunyai waktu yang leluasa untuk beribadah. Anda juga tidak akan mudah bosan karena akan bertemu banyak orang dengan berbagai karakternya setiap hari.

Baca juga: Mengupas Gaji PCPM BI yang Menggiurkan

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai gaji karyawan air minum Biru yang bisa Anda tahu. Ya, perusahaan air minum isi ulang ini cukup besar dan sudah tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Maka tidak mengherankan perusahaan ini selalu membuka rekrutmen karyawan baru.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 Komentar