Tanggung Jawab Dan Tugas Supervisor Marketing Perusahaan

tanggung jawab dan tugas supervisor marketing perusahaan
tanggung jawab dan tugas supervisor marketing perusahaan

Penasaran apa tanggung jawab dan tugas supervisor marketing perusahaan ? Mungkin Anda yang mengejar karir atau ingin tahu tentang jabatan supervisor. Maka Anda bisa menyimak penjelasan mengenai supervisor baik pengertian maupun tugas jabatan satu ini. secara sederhana, supervisor ini merupakan jabatan perusahaan yang mempunyai wewenang untuk memberikan pengawasan dan laporan kinerja dalam perusahaan. Nah, salah satunya adalah di perusahaan retail, kasir akan memberikan laporan kepada supervisor kasir.

Begitu juga pada jabatan supervisor marketing, jabatan ini mempunyai peranan yang vital dalam divisi marketing dalam perusahaan. Supervisor marketing ini berada di bawah manajer. Sang supervisor menjadi jembatan antara karyawan dengan manajer terkait dengan kinerja dan performa karyawan.

Supervisor ini akan menjadi pemimpin bagi karyawan di bawahnya untuk mencapai target perusahaan dalam hal pemasaran yang optimal. Jabatan supervisor ini juga akan berhubungan langsung dengan divisi lainnya dalam perusahaan. Supervisor juga akan menjadi ujung tombak untuk menangani masalah konsumen atau agen kaitannya dengan divisi marketing.

Definisi Supervisor Marketing

Secara umum, supervisor merupakan jabatan perusahaan yang mempunyai kewenangan serta kuasa unuk memberikan instruksi kepada karyawan di bawahnya. Sementara itu, jabatan supervisor marketing atau spv marketing adalah jabatan yang berwenang mengindentifikasi, mengembangkan dan juga implementasi strategi untuk mendapatkan pencapaian optimal dalam pemasaran produk perusahaan.

Seperti yang sudah kami sampaikan di atas, bahwa tugas supervisor sales atau supervisor marketing adalah menjadi jembatan antara karyawan di bawahnya dengan manajer di atas. Supervisor sales ini  akan sering berhubungan dengan manajer perusahaan. Supervisor akan melaporkan terkait dengan pekerjaan perusahaan dan kinerja stafnya kepada manajer.

Baca juga: Apa Yang Dimaksud Dengan Leader? Strategi Leadership Hebat

Tugas Supervisor Marketing

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, bahwa tugas seorang supervisor marketing adalah memimpin dan mengawasi stafnya untuk malukan strategi pemasaran yang optimal agar penjualan produk meningkat secara signifikan.

Namun selain tugas tersebut, ada beberapa tugas supervisor marketing lainnya dan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengadakan siaran media secara berkala dalam rangka promosi untuk meningkatkan penjualan produk. Selain itu, juga membuat sponsor untuk kegiatan-kegiatan di luar perusahaan.
  • Menjaga dan meningkatkan hubungan baik dengan perusahaan atau instansi lain seperti sekolah, perkantoran, organisasi masyarakat dan lokasi usaha setempat.
  • Melakukan research and development untuk program pemasaran terbaik serta mengembangkan informasi terbaru sesuai dengan perkembangan zaman.
  • Mempersiapkan strategi marketing dan menerapkan strategi tersebut untuk tujuan yang lebih spesifik.
  • Meningkatkan pemasaran eksternal secara rutin dan berkala.
  • Memberikan analisis, evaluasi serta perhitungan sesuai dengan target dan kebutuhan perusahaan.
  • Menjalin kerjasama dan koordinasi dengan media dan instansi di luar untuk kemajuan perusahaan.
  • Memberikan pelatihan, arahan serta evaluasi untuk karyawan di bawahnya terkait dengan kinerja karyawan serta performa perusahaan.

Itulah beberapa tugas dan tanggung jawab supervisor marketing yang bisa Anda ketahui. Selain melekat tugas hariannya, supervisor marketing juga mempunyai tanggung jawab.  Nah, berikut adalah tanggung jawab supervisor marketing:

Tanggung Jawab Supervisor Marketing

  • Memberikan solusi atas setiap permasalahan yang terjadi pada divisi pemasaran, baik antar karyawan, maupun dengan konsumen.
  • Melakukan koordinasi kepada bawahannya agar bisa menjalankan tugas sesuai dengan instruksi perusahaan.
  • Memberikan motivasi dan arahan kepada rekan kerja agar bisa bekerja dengan optimal dan bisa mencapai target penjualan perusahaan.
  • Menjalin komunikasi dan hubungan baik dengan customer
  • Memberikan laporan kepada manajer terkait dengan masalah atau penyimpangan yang dilakukan oleh karyawan.
  • Membuat perencanaan serta strategi pemasaran yang efektif dan efisien sesuai dengan sumber daya manusia yang ada.
  • Membuat program kerja untuk jangka pendek, jangka menengah, hingga jangka panjang secara terukur.
  • Menampung semua keluhan atau masukan dari costumer untuk kemudian ditindaklanjuti.
  • Melakukan analisis pasar dengan metode analisis SWOt berdasarkan dengan kondisi wilayah serta pasar.

Syarat Umum Menjadi Supervisor Marketing

Untuk bisa menempati jabatan supervisor ini, ada beberapa syarat yang mutlak dimiliki oleh calon pelamar. Hal tersebut tidak terlepas karena jabatan supervisor itu tergolong jabatan tinggi di perusahaan.

Yang jelas, jabatan supervisor ini tidak untuk Anda yang baru lulus atau belum mempunyai pengalaman kerja sama sekali. Syarat umum menjadi supervisor biasanya adalah calon pekerja yang sudah mempunyai bekal pengalaman yang memadai, khususnya dalam tugas pengawasan dan kepemimpinan.

Lalu bagaimana dengan latar belakang pendidikan? Jabatan supervisor juga mensyaratkan bagi pelamarnya untuk mempunyai pendidikan minimal sarjana di bidang pemasaran atau jurusan yang linear dengan marketing.

Tidak hanya itu saja, supervisor seharusnya juga sudah mempunyai pengalaman kerja di divisi marketing setidaknya dalam jangka waktu 5 hingga 10 tahun. Ini menjadi nilai tambah bagi Anda yang berminat untuk menduduki jabatan supervisor marketing perusahaan.

Itulah mengapa bagi Anda yang tertarik dengan jabatan supervisor marketing ini, pastikan Anda mengetahui tugas, tanggung jawab serta syarat-syaratnya. Dengan demikian, Anda bisa memetakan serta mengetahui apakah Anda memenuhi syarat dan bisa menjalankan tugas sebagai supervisor marketing tersebut.

Baca juga: Mengupas Tuntas Apa yang Dimaksud Dengan Produksi dan Produsen

Penutup

Itulah penjelasan yang bisa penulis sajikan tentang tanggung jawab dan tugas supervisor marketing perusahaan yang bisa Anda ketahui. Ternyata tugas dan tanggung jawab supervisor marketing cukup banyak dan berat ya? Namin jangan khawatir. Itu sesuai dengan gaji dan fasilitas yang akan Anda dapatkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *