5 Contoh Pekerjaan Buruh Harian Lepas. Pekerjaan Harian Lepas Menggiurkan

Contoh pekerjaan buruh harian lepas
Contoh pekerjaan buruh harian lepas

Contoh pekerjaan buruh harian lepas. Setiap orang pasti membutuhkan pekerjaan yang layak dan dibayar mahal. Tetapi kenyataannya tidak semua orang yang skill (keterampilan) yang layak untuk memperoleh bayaran mahal. Ada banyak pekerjaan yang ada di sekitar kita memiliki potensi upah yang cenderung murah.  Padahal, pekerjaan ini termasuk jenis pekerjaan yang berat, mengandalkan otot, tenaga dan keringat. Orang menyebutnya pekerjaan buruh harian lepas.

Pekerjaan apa saja yang termasuk buruh?  Inilah beberapa jenis pekerjaan yang memperoleh upah harian atau bulanan:

Bacaan Lainnya
  1. Tenaga penjualan
  2. Administrasi gudang
  3. Tukang pasang keramik
  4. Tukang bangunan
  5. Karyawan pabrik

Penasaran, apa pekerjaan buruh harian lepas?  Pekerja buruh harian lepas adalah orang yang bekerja dan menerima gaji atau upah secara harian. Adakalanya, mereka menerima upah harian, mingguan atau bulanan.  Mereka menerima upah berdasarkan kinerja dan volume pekerjaannya. Baik pekerjaan dilakukan secara pribadi atau golongan.

apa bedanya buruh dan karyawan? KBBI menyebutkan bahwa buruh adalah orang yang bekerja membantu orang lain dan mendapat upah. Sedangkan karyawan merupakan orang yang bekerja pada sebuah kantor, instansi atau lembaga dan mendapatkan gaji bulanan.

Baca juga: Panduan Cara Menghitung Gaji Karyawan Usaha Kecil. Mudah dan Praktis

Contoh pekerjaan buruh harian lepas

Setiap pengusaha UMKM pasti membutuhkan tenaga orang lain untuk membantu menyelesaikan tugas-tugasnya. Inilah beberapa contoh pekerjaan buruh harian lepas yang sering kita temui di masyarakat:

Tenaga penjualan

Usaha apa pun membutuhkan penjualan untuk mendapatkan profit (laba). Semakin besar usaha, maka semakin besar pekerja yang mereka butuhkan. UMKM yang masih berkembang biasanya mereka merekrut sales freelance (tenaga penjualan). Sales freelance ini biasanya mendapat upah (gaji) pokok, tunjangan dan bonus (persentase dari penjualan). Bonus persentase dari penjualan ini diberikan untuk memotivasi sales agar bekerja lebih giat lagi.

Administrasi gudang

Bukan hanya merekrut sales freelance pengusaha berkembang biasanya juga merekrut administrasi gudang untuk membantu merapikan stok mencatat persediaan.  Semakin besar usaha, maka semakin banyak tenaga yang dibutuhkan. Biasa pengusaha UMKM memberikan upah berupa upah pokok, bulanan dan uang makan. Jenis usaha yang merekrut administrasi gudang seperti:

  1. Perusahaan rokok
  2. Pabrik tahu tempe
  3. Toko grosiran
  4. Dan lain sebagainya

Tukang pasang keramik

Bukan hanya pengusaha UMKM membutuhkan tenaga kerja lepas tetapi masyarakat juga membutuhkan tenaga lepas yang bekerja harian pada periode tertentu. Salah satunya adalah tukang pasang keramik. Kebanyakan orang tidak mampu memasang keramik rumahnya sendiri. Maka mereka membutuhkan jasa pasang keramik. Jasa keramik ini biasanya mendapat upah per meter dari keramik yang mereka pasang. Semakin  luas lantai yang terpasang keramik, maka semakin besar potensi penghasilan dari jasa pekerja lepas ini.

Tukang bangunan

Sama halnya seperti tukang pasang keramik adalah tukang bangunan.  Orang yang  membangun rumah dapur atau pertokoan mereka pasti membutuhkan tukang bangunan. Termasuk dalam tukang bangunan ini adalah kuli bangunan. Keduanya tidak bisa dipisahkan. Namun, tukang bangunan memiliki upah yang lebih tinggi daripada kuli bangunan. Tentu ini hal yang wajar karena sesuai dengan skill (keterampilan) yang mereka miliki. Upah tukang bangunan Adakalanya harian atau borongan. Rata-rata upah harian tukang bangunan berkisar mulai Rp100.000 hingga Rp150.000. Upah ini tergantung daerah masing-masing.

Karyawan pabrik

Pabrik yang berkembang membutuhkan banyak tenaga kerja lepas. Mulai dari bagian menyalakan mesin, menyiapkan barang, bagian produksi dan penyimpanan gudang. Semakin besar sebuah pabrik, maka karyawan yang mereka butuhkan juga semakin besar. Karyawan pabrik biasanya memperoleh upah pokok bulanan dan uang makan.

Standar gaji buruh harian lepas

Mungkin Anda bertanya-tanya berapa standar gaji buruh harian lepas? Berikut beberapa faktor yang menjadi penentu besaran gaji buruh harian lepas:

Kinerja karyawan

Besaran upah pekerja sesuai dengan kinerja mereka. Seberapa produktif mereka bekerja menentukan seberapa besar gaji yang akan mereka terima. Sehingga semakin berkualitas hasil kerjanya, maka semakin besar potensi penghasilan yang akan mereka terima. Jadi bukan bidang apa yang menentukan besaran gaji tetapi seberapa apa besar kinerja  pekerja dan karyawan.

Lokasi pekerjaan

Lokasi pekerjaan menjadi salah satu faktor penentu besaran upah dan gaji pekerja. Pekerja yang bekerja di kota besar dengan UMKM tinggi berpotensi memperoleh penghasilan yang lebih tinggi daripada pekerja di daerah lain. Sehingga banyak pekerja yang berani keluar kota untuk mengejar besaran gaji berdasarkan wilayah ini.

Peraturan perundang-undangan yang berlaku

Daerah-daerah tertentu telah menetapkan UMR untuk pekerja dan karyawan. Maka, para pekerja mencari pekerjaan pada daerah yang memiliki UMR tinggi. Sehingga dengan waktu yang relatif sama mereka berpotensi memperoleh penghasilan yang lebih tinggi.

Orang atau lembaga yang merekrut pekerja

Besaran upah pekerja juga ditentukan oleh siapa yang merekrut pekerja. Apakah mereka direkrut oleh orang biasa atau orang kaya. Orang kaya biasanya berani memberikan upah yang jauh lebih besar. Tentu mereka memiliki standar kualitas yang tinggi. Perusahaan atau lembaga juga punya potensi memberikan upah yang lebih tinggi daripada orang pribadi. Mengapa lembaga memberikan upah yang jauh lebih tinggi? Karena mereka biasanya mengambil tenaga kerja dari sebuah CV atau PT yang memiliki standar kerja bagus dan terbukti memberikan kualitas terbaik.

Kesimpulan

Jenis pekerjaan yang sudah penulis sebutkan di atas merupakan pekerjaan yang memperoleh upah harian dan bulanan. Orang-orang sering menyebutnya pekerja lepas.  Demikian pembahasan yang bisa penulis sajikan tentang  demikian pembahasan yang bisa penulis sajikan tentang  demikian pembahasan yang bisa penulis sajikan tentang contoh pekerjaan buruh harian lepas.  Semoga artikel ini bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *