Standar Gaji Karyawan Proyek Di Indonesia

standar gaji karyawan proyek

Karyawan proyek atau konstruksi merupakan salah satu profesi pekerjaan yang menjadi incaran banyak orang. Hal tersebut tidak terlepas dari semakin berkembangnya bidang konstruksi yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Karena mempunyai peran vital dalam pembangunan, kehadiran karyawan proyek ini banyak yang membutuhkan. Itulah mengapa prospek kerja di bidang konstruksi masih sangat terbuka lebar. Selain itu, bidang konstruksi ini menawarkan gaji yang cukup tinggi lho, bahkan melebihi gaji pejabat negara. Nah, daripada Anda penasaran, kami akan memberikan pembahasan standar gaji karyawan proyek.

Standar Gaji Karyawan Proyek di Indonesia

Seperti yang sudah kami singgung di atas, pembangunan infrastruktur di Indonesia masih berjalan di hampir seluruh wilayah Indonesia. Hal tersebut menjadi indikasi bahwa kebutuhan karyawan konstruksi itu masih sangat besar dan prospektif.

Nah, jika Anda tertarik atau sudah mendapatkan tawaran dari perusahaan bidang konstruksi,  Anda bisa mencoba mempertimbangkan tawaran tersebut. Hal tersebut salah satunya karena standarisasi gaji karyawan proyek yang cukup tinggi.

Berapa gaji karyawan proyek? Anda bisa simak tabel gajinya berikut ini.

Jabatan Besaran Gaji
CEO Perusahaan Rp. 250.000.000 – 400.000.000
Country HR Director Rp. 60.000.000 – 146.000.000
Bussines Development Manager Rp. 50.000.000 – 140.000.000
Contract Manager Rp. 35.000.000 – 100.000.000
External Relation Manager Rp. 30.000.000 – 60.000.000
Construction Manager Rp. 30.000.000 – 50.000.000
Process Engineer Rp. 20.000.000 – 32.000.000
HVAC Engineer Rp. 15.000.000 – 35.000.000
Civil Engineer Rp. 15.000.000 – 25.000.000

Estimasi Penghasilan Karyawan Proyek

Woww! Ternyata gaji pekerja proyek atau konstruksi itu gajinya sangat menggiurkan! Sekarang Anda tahu mengapa banyak orang yang memilih profesi sebagai karyawan proyek di perusahaan. Selain mereka suka dengan dunia pembangunan dan konstruksi, mungkin mereka tertarik dengan  tawaran gaji yang luar biasanya tinggi.

Perlu Anda ketahui bahwa besaran gaji di atas adalah estimasi gaji yang diperoleh karyawan proyek. Perkiraan di atas bisa lebih dan juga bisa kurang. Hal tersebut tergantung dari faktor-faktor pembeda yang sudah kami sebutkan di atas.

Perkiraan gaji di atas bisa menjadi acuan atau pertimbangan untuk Anda yang ingin terjun ke dunia konstruksi. Standar gaji karyawan proyek memang sangat menggiurkan, namun resiko maupun tanggung jawabnya juga sangat besar. Dengan kata lain, gaji yang besar tersebut juga berbanding lurus dengan tanggung jawab yang besar juga.

Selain itu, untuk bisa bekerja di perusahaan konstruksi juga tidak mudah. Banyak pesaing yang juga ingin mengadu nasib sebagai karyawan konstruksi. Namun demikian, dengan pengalaman dan semangat yang bagus, bukan tidak mungkin Anda menjadi salah satu karyawan konstruksi dengan gaji yang tinggi.

Mengenal Profesi Karyawan Proyek

Sebelum membahas lebih detail mengenai gaji karyawan proyek, Anda harus mengetahui lebih dekat dengan karyawan proyek. Di Indonesia, bidang konstruksi mempunyai peranan yang penting dalam pembangunan, khususnya infrastruktur negara. Dengan adanya jasa konstruksi tersebut, pembangunan akan lebih lancar, cepat dan merata.

Itu menjadi salah satu alasan mengapa standar gaji karyawan proyek itu cukup tinggi. Tingginya standar gaji tersebut tidak terlepas dari tugas dan tanggung jawab karyawan konstruksi. Mereka mempunyai tugas dalam perencanaan, perancangan hingga realisasi pembangunan.

Selain itu, penyedia jasa kontraktor juga mempunyai peran dalam memperkirakan biaya pembangunan. Hal tersebut untuk menghindari adanya pembengkakan biaya pembangunan. Pembengkakan biaya tersebut merupakan hal fatal dan harus dihindari dalam pelaksanaan proyek pembangunan infrastruktur.

Oleh karena itu, untuk menjadi karyawan di bidang konstruksi ini, ada beberapa syarat. Salah satunya adalah syarat lulusan pendidikan, setidaknya jurusan Teknik Sipil, khususnya konsentrasi pembangunan.

Baca juga: Standar Gaji Karyawan Rumah Sakit Swasta

Standar Penentuan Gaji Karyawan Proyek di Indonesia

Berapa gaji karyawan proyek di Indonesia? Gaji karyawan proyek di Indonesia tentu saja berbeda-beda tergantung dengan perusahaan, masa kerja hingga jabatan, pengalaman dan jenis proyek. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya sebagai berikut!

Kemampuan Perusahaan

Kemampuan perusahaan memberikan gaji kepada karyawannya itu berbeda-beda tergantung dengan kondisi keuangan perusahaan. Namun demikian, bidang konstruksi mempunyai standarisasi gaji yang hampir sama antara perusahaan satu dengan perusahaan yang lain.

Masa Kerja

Selain kondisi keuangan perusahaan, masa kerja juga menjadi penentu perbedaan gaji karyawan proyek di Indonesia. Misalnya karyawan A bekerja sebagai Civil Engineer di perusahaan konstruksi selama kurang lebih 10 tahun. Sementara B bekerja di jabatan dan perusahaan yang sama selama 3 tahun.

Tentu saja gaji karyawan A akan lebih tinggi dibandingkan dengan karyawan B. Perbedaan gaji tersebut karena masa kerja yang berbeda. Di banyak perusahaan, masa kerja menjadi poin untuk indikator gaji karena masa kerja berkaitan dengan loyalitas kepada perusahaan.

Jabatan

Jabatan juga menjadi pembeda antara karyawan proyek satu dengan yang lainnya. Karyawan A dan B bekerja di perusahaan yang sama. Namun, karyawan A mempunyai jabatan sebagai Construction Manager. Sementara itu, karyawan B mempunyai jabatan sebagai HVAC Engineer. Tentu kedua karyawan tersebut mempunyai gaji yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja juga menjadi pembeda besaran gaji karyawan satu dengan yang lainnya. semakin lama orang bekerja, seharusnya semakin banyak juga pengalaman yang mereka miliki. ini menjadi modal penting dalam kerja. Dalam proyek tertentu, karyawan yang berpengalaman sangat dibutuhkan.

Karyawan yang mempunyai jam kerja tinggi juga akan bisa menyelesaikan pekerjaan lebih cepat, efektif dan efisien. Itulah mengapa karyawan yang berpengalaman sering digaji tinggi daripada karyawan pada umumnya. Dengan kata lain, karyawan lama yang lebih berpengalaman ini akan mempunyai bargaining position daripada karyawan baru.

Jenis Proyek

Dalam dunia konstruksi, besaran gaji karyawannya juga ditentukan oleh jenis proyek. Jika perusahaan konstruksi mendapatkan proyek dengan tanggung jawab dan risiko yang besar, maka mereka pun akan memberikan gaji kepada karyawan juga lebih besar.

Sebagai contoh, proyek pembangunan gedung pencakar langit, pembangunan lepas pantai, dan beberapa yang lain itu membutuhkan tanggung jawab dan risiko yang lebih besar. Tentu saja, besaran gaji karyawan proyek tersebut berbeda dengan gaji karyawan konstruksi pada umumnya, seperti pembangunan jalan, hotel dan yang lainnya.

Bahkan, proyek-proyek pembangunan khusus itu berani memberikan gaji yang besar kepada karyawan, hingga dua kali lipat dari proyek reguler.

Pada umumnya, perusahaan bidang konstruksi akan menggunakan indikator-indikator tersebut untuk menentukan standar gaji karyawan proyek. Namun demikian, selain ketiga indikator tersebut, perusahaan mempunyai standarisasi sendiri terkait dengan besaran gaji karyawan.

Penutup

Nah, itulah pembahasan mengenai standarisasi  gaji karyawan proyek yang bisa Anda tahu. Sektor konstruksi atau pembangunan infrastruktur termasuk sektor yang mempunyai standarisasi gaji yang tinggi daripada sektor yang lainnya. Hal tersebut tentu saja beralasan mengingat sektor konstruksi cukup berisiko baik dari kesehatan maupun keselamatan. Selain itu, sektor ini juga membutuhkan tenaga kerja yang profesional, berpengalaman dan mempunyai daya juang yang tinggi. Jika Anda tertarik menjadi karyawan di bidang proyek konstruksi, Yuk persiapkan diri Anda dari sekarang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *