Terbaru, Gaji Karyawan Toko Emas 2024

Gaji Karyawan Toko Emas
Gaji Karyawan Toko Emas

Toko emas merupakan toko yang menjual berbagai macam aksesoris atau perhiasan yang terbuat dari emas. Jenis perhiasan yang dijual oleh toko emas antara lain cincin emas, kalung emas, gelang emas, dan lain sebagainya. Ada juga toko emas besar yang menjual emas dalam bentuk kepingan atau batangan.

Harga emas memang cukup fluktuatif dan ada beberapa faktor yang memengaruhinya. Faktor tersebut yaitu inflasi, kondisi global, permintaan dan penawaran emas, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS, dan kebijakan moneter.

Nah, apakah Anda berminat untuk bekerja di toko emas? Gaji karyawan toko emas 2022 berkisar antara Rp1,2 juta hingga Rp4 jutaan. Gaji tersebut tergantung toko tempat Anda bekerja.

Gaji Karyawan Toko Emas

Bagi Anda yang masih penasaran, berapa gaji karyawan toko emas? Gaji karyawan toko emas 2022 yaitu berkisar antara Rp1.2 juta hingga Rp4 juta tiap orangnya. Gaji tersebut tergantung dari toko tempat Anda bekerja dan jabatan Anda di toko tersebut. Tentu saja, gaji karyawan toko emas tidak akan jauh dari jumlah gaji UMR yang berlaku di daerah tersebut. Malah, bisa saja kurang.

Biasanya gaji karyawan yang bertugas menjaga, toko lebih rendah dari besar gaji UMR. Kecuali karyawan tersebut sudah bekerja dalam waktu yang lama. Misalnya UMR Cimahi Rp3.272.668, maka gaji karyawan bisa kurang atau sama dengan UMR tersebut.

Gaji di toko emas tentu saja tidak bisa Anda bandingkan dengan gaji perseroan atau pabrik. Karena toko emas memiliki level sama dengan UMKM, bukan perusahaan. Sehingga dalam menentukan gaji, toko emas masih menentukannya dengan kesepakatan antara pemilik dengan karyawan.

Selain itu ada beberapa faktor yang memengaruhi besar gaji karyawan toko emas, antara lain:

  • Kebijakan pemilik toko tempat Anda bekerja.
  • Tunjangan dan juga bonus penjualan.
  • Lokasi toko emas.
  • Posisi atau jabatan Anda di toko emas.
  • Masa kerja Anda.

Gaji Karyawan Toko Emas 2022

  1. 200.000 hingga Rp1.800.000 (Pramuniaga/Penjaga Toko/Shopkeeper).
  2. 500.000 hingga Rp2.000.000 (Kasir).
  3. 500.000 hingga Rp1.900.000 (Satpam/Bagian Keamanan).
  4. 600.000 hingga Rp2.000.000 (Staf Administrasi).
  5. 600.000 hingga Rp 2.000.000 (Accounting dan Staf Keuangan).
  6. 500.000 hingga Rp4.000.000 (Kepala Cabang).

Catatan: Daftar gaji karyawan toko emas 2022 yang ada di atas hanya perkiraan saja. Gaji karyawan toko emas bisa saja berbeda dengan daftar tersebut.

Gaji Karyawan Toko Emas di Semarang

Salah satu toko emas yang terkenal di Semarang adalah toko emas Semar Nusantara. Toko ini memiliki cabang yang tersebar di Provonsi Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Berapa gaji karyawan Semar Nusantara dari Semarang hingga Tegal? Gaji karyawan toko emas 2022 posisi pelayan toko berkisar antara Rp1.500.000 hingga Rp2.000.000. Gaji tersebut berbeda-beda tiap daerahnya, tergantung dari UMR tempat tersebut. Untuk kepala toko, gajinya berkisar antara Rp2.000.000 hingga Rp3.000.000.

Gaji Karyawan Toko Emas di Bandung

Salah satu toko emas yang ada di Bandung adalah toko mas gajah. Toko emas gajah merupakan salah satu toko emas yang cukup besar. Toko ini sudah tersebar di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Bandung, Cilacap, Semarang, Karawang, Banyumas, dan masih banyak lagi.

Produk yang ada di toko emas cukup bervariasi dan dibuat dengan desain yang sedang tren saat ini. Beberapa produk yang ada di toko emas gajah yaitu cincin emas, cincin couple, mini gold, gelang emas, kalung emas, anting emas, custom, dan masih banyak lagi.

Dengan larisnya penjualan, berapa gaji karyawan toko mas gajah?

Gaji karyawan toko emas 2022 di toko emas gajah berkisar antara Rp1.500.000 hingga Rp2.500.000. Besaran gaji karyawan tergantung dari posisi atau jabatan dan UMR yang berlaku di daerah tersebut.

Jenjang Karier Bekerja di Toko Emas

Bekerja di toko emas memang cukup menjanjikan. Tetapi, semua itu tergantung dari kebijakan masing-masing toko. Bekerja di toko emas memiliki lingkungan kerja yang sangat kondusif, memiliki peluang yang menarik, dan beban pekerjaannya juga cukup stabil.

Nah bagi Anda yang tertarik untuk bekerja di toko emas, ada beberapa fasilitas yang bisa Anda rasakan ketika menjadi karyawan. Fasilitas tersebut diantaranya:

  • Gaji Pokok
  • Seragam
  • Tunjangan
  • Bonus

Syarat Pelamar Kerja di Toko Emas

Melamar pekerjaan di toko emas cukup mudah, Anda hanya perlu mendatangi toko emas yang membuka lowongan secara langsung. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan berkas lamaran Anda. Kemudian Anda akan menjalani tes dan interview. Jika Anda lolos, maka Anda akan menjadi karyawan toko tersebut. Anda juga bisa mengirim berkas lamaran Anda lewat email. Namun, cara ini biasanya cukup lama.

Lalu, apa saja syarat melamar kerja di toko emas? Simak penjelasannya berikut ini.

Pramuniaga/Penjaga Toko/Shopkeeper

Pramuniaga bertugas untuk melayani konsumen yang datang ke toko, membuat nota penjualan yang nantinya diberikan kepada kasir.

Syarat melamar kerja sebagai pramuniaga:

  1. Wanita/Pria (mempunyai KTP).
  2. Pendidikan minimal SMK, SMA, atau Sederajat.
  3. Energik, ramah, memiliki orientasi terhadap pelanggan, cekatan, dapat berkomunikasi dengan baik, sabar, memiliki perilaku yang baik, dan mampu berjualan dengan baik.
  4. Memiliki penampilan yang menarik.
  5. Siap bekerja dalam shift.
  6. Tinggi badan minimal 155 cm dan berat badan proporsional.

Kasir

Kasir bertugas untuk melakukan pelayanan transaksi pembayaran dari pelanggan, menghitung uang, membuat laporan, dan menyetorkan uang kepada pemilik toko.

Syarat melamar kerja sebagai kasir:

  1. Wanita/Pria (mempunyai KTP).
  2. Minimal lulusan SMA, SMK, atau Sederajat. Jurusan menyesuaikan.
  3. Teliti, bisa berhitung, dan terbiasa menghitung uang.
  4. Dapat mengoperasikan komputer atau PC.

Satpam atau Bagian Keamanan

Satpam bertugas untuk menjaga keamanan toko emas.

Syarat melamar pekerjaan sebagai satpam yaitu:

  1. Wanita/Pria (mempunyai KTP).
  2. Minimal lulusan SMA, SMK, atau Sederajat dan mempunyai KTA satpam.
  3. Pernah mengikuti kegiatan pelatihan dan camp, serta mempunyai sertifikasi pada pratama.
  4. Bisa bela diri dengan baik.
  5. Cepat dan tanggap saat menghadapi masalah keamanan.
  6. Memiliki postur tubuh yang proporsional.

Administration, Accounting dan Staf Keuangan

Administration, Accounting dan Staf Keuangan bertugas untuk menyelesaikan tugas terkait administrasi dan akuntansi toko emas.

Syarat melamar kerja sebagai Administration, Accounting dan Staf Keuangan yaitu:

  1. Wanita/Pria (mempunyai KTP).
  2. Pendidikan minimal D3 atau S1 dengan jurusan akuntansi, manajemen, atau administrasi.
  3. Memahami dan bisa menjalankan tugas dengan baik (sesuai bidangnya masing-masing).
  4. Dapat mengoperasikan komputer atau PC.

Kesimpulan

Nah, itulah informasi terkait gaji karyawan toko emas 2022 dan gaji karyawan toko emas di beberapa kota. Nah bagi Anda yang sedang membutuhkan pekerjaan, melamar pekerjaan di toko emas bisa menjadi salah satu pilihan Anda. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *